InfOz pLu$

Januari 28, 2008

pemanfaatan harta wakaf

Filed under: SERBASERBI — beritazakat @ 8:59 am

CARA KEEMPAT: MUDHARABAH

Maksudnya adalah gabungan antara modal, pengalaman, dan aktivitas pekerjaan, dimana pemilik modal menyertakan modalnya kepada pihak lain untuk dijadikan modal usaha dalam usaha secara umum ataupun usaha terbatas, sesuai kesepakatan bersama, dimana keuntungannya dibagi dalam persentase untuk keduanya. Dan mudharabah terhadap harta wakaf ini hanya akan terwujud dalam tiga keadaan, yaitu:

  1. Keadaan Pertama: Jika wakafnya berupa uang, menurut ulama yang membolehkan wakaf berupa uang semisal madzhab Malikiyah, sebagian ulama Hanafiyah, dan Imam Ahmad dalam salah satu riwayat dari beliau, serta pendapat yang dipilih oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Maka, pada kondisi ini uang wakaf tersebut bisa dijadikan modal usaha dalam jenis mudharabah yang syar’I (dibenarkan oleh syariat). (Hasyiyah Al-Adawi alaa Al-Khurasyi 7/80, Hasyiyah Ibnu Abidin 4/363, Durar Al-Hikam 2/133, Majmu Fatawa Ibn Taimiyah 31/234).
  2. Keadaan Kedua: Jika pengelola wakaf atau nadhir memiliki uang sebagai sisa dari penyaluran kepada para mustahiq, ataupun uang operasional pengelolaan wakaf, maka pada kondisi ini bisa diposting untuk mudharabah syar’iyah.
  3. Keadaan Ketiga: Beberapa peralatan wakaf atau hewan ternak wakaf, dimana ulama Madzhab Hanabilah membolehkan untuk melakukan mudharabah dengannya, caranya, pemilik modal memberikan alat-alat produksi, biaya operasional ditanggung oleh pengelola usaha. Hasil keuntungannya dibagi dua. Misalnya, harta wakaf tersebut berupa kuda tunggangan atau kendaraan/mobil. Maka hasilnya dibagi dua: pengelola usaha dan pemodal (wakaf). (Syarh Muntahal Iradat 2/219). ***

Sumber:
Istitsmar Al-Waqf wa Thuruquhu Al-Qadimah wa Al-Haditsah, Prof. Dr. Ali Muhyiiddin Al-Qarrah Daghy, Maktabah Misykah Al-Islamiyah (Guru Besar Fak. Syariah- Qatar University, Anggota Majami’ Fiqhiyyah, Anggota Majelis Eropa untuk Fatwa dan Penelitian Islam). siwaqz

Penerjemah:
Abu Valech Yanhouth

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: